loading...

Objek Wisata Curug Ciparay Tasikmalaya

Objek Wisata Curug Ciparay Tasikmalaya


Curug Ciparay Tasikmalaya
Curug Ciparay Tasikmalaya

Wisata Tasikmalaya Jawa BaratWisata Curug Ciparay merupakan air terjun (curug) kembar karena memiliki dua curug yang berdekatan, serta sudah menjadi primadona wisata bagi masyarakat Tasikmalaya. curug ciparay memiliki ketinggian sekitar 75 Meter dan 55 Meter, yang berada diwilayah BKPH Singaparna serta KPH Tasikmalaya.  tepatnya berada di Kecamatan Cigalontang, Kab. Tasikmalaya. Curug ini memiliki debit air yang cukup banyak.  Curug Ciparay posisinya terletak di kaki Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari.

Adapun akses untuk sampai ke curug ini memang cukup sulit. Selain kondisi jalannya yang hanya bebatuan dan tanah, ditambah lagi dengan jalanan yang terjal, penuh tanjakan. Perlu motor yang benar-benar dalam kondisi fit ataupun dengan motor trail untuk menuju ke lokasi.

Objek Wisata Curug Ciparay Tasikmalaya memiliki dua curug kembar yang memang sempat menjadi primadona tujuan wisata bagi masyarakat Tasikmalaya.

Curug pertama memiliki kelebihan yaitu dengan debit air yang cukup besar.  Sedangkan untuk yang curug kedua debitnya kecil yang bisa digunakan untuk mandi ataupun sobat bisa berendam dengan kolam penampungan airnya degan kedalaman hanya selutut orang dewasa saja.

Lokasinya tepat berada di Dusun Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat. Koordinat GPS dan Peta bisa dilihat dibawah ini :



Aksesbilitas Objek Wisata Curug Ciparay dengan jarak 40 KM kalau sobat menempuh dari arah kota Garut ataupun 30 KM dari arah Tasikmalaya ke Singaparna.  dan dari arah kota Singaparna berjarak 25 KM atau 6 KM dari kecamatan Sariwangi.  Keadaan jalan dari Sariwangi & Singaparna telah pass keren & beraspal maka akan dilalui kendaraan roda dua & empat, cuma sekian banyak kilo meter lebih kurang 19 kilometer yg keadaannya kurang keren. Bagi yg mengambil kendaraan pribadi roda empat disarankan buat memakai kategori kendaraan double gardan lantaran medan yg dapat dilalui lumayan susah.

Pintu masuk lokasi dari bunderan kota Singaparna (ada papan penunjuk) ke arah utara ke Gunung Galunggung. Dapat tempuh kira kira 1 jam memanfaatkan kendaraan roda dua sampai mencapai pintu masuk. Bagi yg memanfaatkan kendaraan umum bisa dengan memanfaatkan angkutan pedesaan. Sangat Disayangkan cuma hingga ke daerah Cidugaleun atau 8,7 kilo meter dari Kampung Parentas. Dari pemberhentian terakhir angdes ini perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki atau naik ojek, di mana satu-satunya media transportasi yang ada buat menuju lokasi, untuk sampai tiba di pintu masuk.

Setelah Itu perjalanan diteruskan berjalan kaki sekitar 2 kilometer (jarak tempuh berkisar antara 20-30 menit) melintasi jalan setapak. Keadaan jalan yg dilalui berupa bebatuan menurun & lumayan terjal. Sebelum sampai lokasi curug akan melintasi jembatan lapuk sepanjang 1,5 m.

Fasilitas dan Akomodasi yaitu dengan adanya jalan setapak yang sudah rapi menuju air terjun.  serta tersedia beberapa warung makan. Harga tiket masuk cukup murah yaitu hanya dengan Rp 3500 per orang.  demikianlah ulasan tentang Objek Wisata Curug Koja Tasikmalaya.

Terima kasih semoga bermanfaat!.
loading...

2 komentar:

Day Out mengatakan...

maaf,punya kontak person ojeg curug ciparay ga

Wisata Terbaik Jawa Barat - Indonesia mengatakan...

maaf ya, kebetulan tidak punya

Scroll to top