loading...
loading...

OBYEK WISATA BENDUNGAN MANGANTI PURWADADI PERBATASAN JABAR-JATENG

OBYEK WISATA BENDUNGAN MANGANTI PURWADADI PERBATASAN JABAR-JATENG

Bendungan Manganti
Bendungan Manganti
Wisata Kota Banjar Jawa BaratObyek Wisata Bendungan Manganti merupakan suatu bendungan terbesar yang yang terletak di Dusun manganti Desa Sidarahayu Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis. Bendungan manganti membendung Sungai Citanduy yang merupakan batas alam antara Propinsi Jawa Barat dan Jawa tengah. Apabila anda menyeberang melewati jalan raya yang juga bagian depan Bendungan manganti, anda akan tiba di daerah jawa tengah tepatnya di Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap. Konon pada masa jaman Kerajaan Galuh dahulu, batas kerajaan Galuh jauh melewati sungai Citanduy sampai ke daerah sebelah barat Jawa Tengah Sekarang.

Bangunan tersebut membendung sungai Citanduy dgn membentang selebar kira-kira 100 meter. Bendungan yang telah dibangun sejak tahun 1972 & diresmikan pada tahun 1990 oleh Presiden Soeharto yang merupakan sebuah ikon sekaligus kebanggaan penduduk Sidarahayu. Fungsi utama dari Bendungan manganti adalah untuk sarana pengendali banjir  dan sumber baku pengairan sawah , terutama bagi daerah di Kabupaten Cilacap seperti Kecamatan Sidareja, Kedungreja, Wanareja, Patimuan, Gandrungmangu, Bantarsari dan Kawungan. Sedangkan di wilayah Kabupaten Ciamis, daerah yang mendapat manfaat dari Bendungan manganti adalah Kecamatan Purwadadi dan Kecamatan lakbok.

Selain fungsi utama tadi, Bendungan manganti juga menjadi berfungsi sebagai sarana rekreasi bagi masyarakat yang ada di wilayah ciamis dan cilacap, terutama daerah yang dekat ke lokasi Bendungan Manganti seperti Banjar, Langensari, Lakbok, Purwadadi, Banjarsari, Sidareja, Kedungreja, Wanareja, Patimuan, Gandrungmangu, Bantarsari dan Kawungan. Namun tak menutup kemungkinan juga ada  pengunjung yang datang dari lokasi yang jauh dari lokasi Bendungan manganti

Pada hari minggu atau hari libur lainnya, Bendungan Manganti senantiasa dipadati oleh pengunjung yang ingin menikmati keindahan Bendungan yang dibuat pada tahun 1972 dan diresmikan tahun 1990 oleh Presiden Suharto itu. Di lokasi bendungan kita bisa botram ( Bahasa Sunda : makan bersama teman atau keluarga) dengan cara menggelar tikar di lokasi yang telah disediakan. Bila tidak membawa bekal dari rumah, jangan khawatir, dilokasi bendungan terdapat banyak pedagang yang menjajakan dagangannya dengan harga yang terjangkau.

Bendungan Manganti ini sudah menjadi sentral pengaturan irigasi yang mengairi pesawahan Sidareja & sekitarnya. Fungsi penting ialah mengatur debit air dikala periode kemarau supaya sawah-sawah akan tetap teraliri sampai periode panen. Air dialirkan lewat jaringan irigasi dari Sidareja ke Cihaur termasuk juga wilayah LakbokRaya, Ciamis.

Bendungan ini yang terdiri dari saluran utama, primer, sekunder dan tersier dengan pintu utama yang merupakan berupa pintu angkat dengan kerangka beton dan digerakkan menggunakan mesin. Aliran dari Bendungan Manganti ini dapat dinikmati petani di 27 desa yang tersebar di Kecamatan Sidareja, Kedungreja, Wanareja, Patimuan, Gandrungmangu, Bantarsari dan Kawungan. Sehingga hasil pertaniannya pula jadi salah satu komoditas padi paling besar di jateng sektor barat selatan.

Terima kasih atas kunjungannya!

loading...

0 komentar:

Scroll to top