Objek Wisata Pantai Cipatujah Tasikmalaya

Objek Wisata Pantai Cipatujah Tasikmalaya 

Objek Wisata Pantai Cipatujah Tasikmalaya
Objek Wisata Pantai Cipatujah Tasikmalaya


Pesta Laut dan Balap Kerbau di Pantai Cipatujah

Wisata Tasikmalaya Jawa Barat │ Salah satu pantai yang eksotis di pantai selatan Jawa Barat ialah Pantai Cipatujah, Tasik. Dengan bentang pantai yang memanjang serta lebar kurang lebih sekitar 115 hektare. Cipatujah mempunyai potensi yang besar untuk wisata pantai. Seperti rata-rata pada pantai selatan Pulau Jawa yang berhadapan dengan Samudera Hindia, Pantai Cipatujah mempunyai gelombang-gelombang ombak yang sangat besar. Pantainya yang sangat landai terhampar sedemikian luasnya sampai ujung pandangan, bersama vegetasi khas pantai berpasir seperti pohon nyiur, rumput angin, & tapak kambing. 

Terletak kira kira 74 kilometer dari pusat kota Tasik & 179 kilo meter dari Bandung, Pantai Cipatujah menaruh potensi yang lain, ialah pasir besi. Pantai ini juga mempunyai ketajiran terumbu karang & jadi tempat kesukaan untuk ikan buat bertelur. Dikarenakan itu, penangkap ikan & masyarakat setempat menolak penambangan pasir besi di pantai ini sebab mereka khawatir habitat ikan & lingkungan di pantai ini rusak. 

Luasnya pantai ini menciptakan wisatawan teramat leluasa buat main & bercengkerama di sekitarnya. Tidak heran apabila penduduk & wisatawan tidak jarang memanfaatkannya buat bermacam kegiatan, seperti berolahraga, berjemur, makan-makan dgn keluarga, atau mengadu nasib bersama mengail ikan di muara sungai. 


Atraksi Balap Kerbau 

Buat suatu pantai yg mempunyai keindahan & daya pikat luar biasa, Pantai Cipatujah relatif tak demikian ramai dikunjungi wisatawan. Kalah jauh seandainya di bandingkan bersama Pantai Pangandaran. Tapi, aspek itu pasti saja amat sangat sesuai bagi Kamu yg mau menikmati suasana pantai yg lebih santai. Meskipun begitu, bukan berarti tak ada aktivitas menarik sama sekali di pantai ini. Lantaran penduduk setempat yg mempunyai ternak kerbau, terhadap waktu-waktu tertentu tidak jarang mengadakan atraksi menarik, ialah balap kerbau. 

Sebuah even ini pasti saja tidak jarang menyedot perhatian wisatawan tiap-tiap balap kerbau dilangsungkan. Para wisatawan & peternak berkerumun & berinteraksi di tengah-tengah kumpulan kerbau. Tidak heran kalau aktivitas ini juga tidak jarang pula dinamakan "kumpul kebo" yg pasti saja mempunyai arti yg harafiah dikarenakan memang lah berkumpul bersama hewan-hewan beranduk itu. 

Lebih-lebih, balap kerbau terkecuali mempertontonkan keahlian para penggembala setempat, wisatawan pula dipersilakan buat menguji ketangkasannya dalam mengendarai kerbau & bertanding antarsesama wisatawan. Bagi para visitor, terutama bagi wisatawan mancanegara, aspek ini pasti saja jadi pengalaman langka yg amat sangat berkesan. Aktivitas ini makin meriah sebab diramaikan bersama kesenian rakyat seperti kendang penca. 

Sarana & Tarif di Pantai Cipatujah 

Kala tsunami menerjang pantai selatan Pulau Jawa kepada tahun 2006, tidak urung Pantai Cipatujah pula terkena dampaknya. Walaupun begitu, masyarakat & para tersangka pariwisata setempat bersama didukung pemerintah membenahi beraneka ragam media yg rusak diterjang gelombang akbar itu. sekarang ini di Cipatujah sedia beraneka ragam fasilitas & prasarana utk melayani para wisatawan, seperti resort, warung makanan, balawisata, & kios wisata. 

Salah satu ruang bagi para wisatawan yg hendak menginap yakni Taman Yokima Resort Hotel and Restaurant di Jl. Pantai Pariwisata, Desa Pesanggrahan RT 09/RW 03, Cipatujah, Jawa Barat. Kisaran harga menginap di sini Rp. 437.000 sampai Rp. 451.000 berdasarkan tarif rata rata utk kamar standard. 

Trayek ke Pantai Cipatujah

Utk mencapai pantai di wilayah Tasik ini, yang berasal dari Bandung atau Jakarta & mengendarai kendaraan pribadi bisa saja melewati perjalanan dengan lewat jalur Nagreg sesudah ke luar dari pintu Tol Cileunyi, selanjutnya menuju Tasik. Dari pusat Kota Tasik, perjalanan setelah itu dilanjutkan dgn mengikuti trayek berliku-liku menuju Cipatujah dgn keadaan jalan yg relatif keren. 

Sementara jikalau coba naik angkutan umum, Kamu yg berasal dari Bandung dapat naik bus Budiman (AC atau Non-AC) dari Terminal Cicaheum bersama trayek Bandung-Tasikmalaya. Hingga di Terminal Tasik, perjalanan dilanjutkan bersama naik bus jurusan Tasikmalaya-Cipatujah. Nah, pass gampang bukan? Selamat berwisata.

Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat!

0 Response to "Objek Wisata Pantai Cipatujah Tasikmalaya "

Poskan Komentar

INFORMASI WISATA JAWA BARAT INDONESIA