OBJEK WISATA KANGJENG PREBU DI JAMBANSARI CIAMIS

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

OBJEK WISATA KANGJENG PREBU DI JAMBANSARI CIAMIS

KANGJENG PREBU DI JAMBANSARI CIAMIS


Wisata Ciamis Jawa Barat │ Situs Jambansari terletak di tengah kota Ciamis. Tepatnya di Jl. Achmad Dahlan, lingkungan Rancapetir, Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis. Di sini terdapat kompleks makam yang dikenal bersama nama Jambansari. Seputar kompleks adalah pemukiman masyarakat, kecuali di sebelah selatan berupa sawah. Kompleks makam yang dikelola oleh Yayasan Kusumadiningrat ini dibangun kepada tahun 1872 bersama luas sekitar 4 hektar.

Biarpun terletak di tengah kota, tetapi suasana di kawasan situs ini berbeda dengan kawasan sekitarnya. Lingkungannya asri dan rindang jauh dari kebisingan. Teramat serasi buat tempat bersantai di disaat senja sembari melihat hamparan sawah. juga dapat buat sekedar melepas penat sambil menyantap makanan ringan dipinggir danau yang tidak sedikit ditumbuhi bunga teratai. Terdapat juga terapi ikan dengan tarif teramat terjangkau. 

Keadaan Situs Jambansari, Kompleks ini dikelilingi pagar tembok setinggi 2 m. Pintu gerbang buat masuk ke kompleks berada di segi timur, bersama wujud bangunan seperti telor. Kita mesti melintasi tangga trap utk masuk ke sana. Di tengah kompleks makam terdapat bangunan cungkup yg terbuat dari kayu jati bersama atap berbentuk limas. Di sanalah makam Kanjeng Prebu berada. Di sekeliling pemakaman terdapat sekian banyak makam kerabat & para keturunan Prebu.

Koleksi Benda Purbakala, Di dalam kompleks serta terdapat bangunan ruang daya simpan benda-benda purbakala seperti yoni, lingga, menhir, patung Ganesha, gong, keris, keramik & lain-lain. Tidak Cuma di dalam bangunan, benda-benda pusakajuga ada yg dikumpulkan di rerimbunan pohon weregu disamping bangunan. Keseluruhan semua arca yg ada di kompleks tersebut ialah 13 buah.

Koleksi Benda Purbakala

Menurut keterangan juru kunci makam, arca-arca yg terdapat di ruang ini dikumpulkan oleh Kangjeng Prebu. Pengumpulan dilakukan dalam rangka dakwah agama Islam. Penduduk yang memiliki arca atau berhala diharuskan untuk mengumpulkannya di area tersebut. Arca-arca yg terdapat di tempat ini di antaranya berbentuk arca megalitik, arca kategori Pajajaran, Nandi, Ganesha, & lingga. Tidak Cuma itu di ruang ini serta terdapat lumpang batu & lapik arca.

Objek Wisata Kangjeng Prebu Di Jambansari Ciamis juga sebagai destinasi wisata budaya, ada sekian banyak aspek yang dapat kita dapati bersama mengahdiri kompleks makam ini. Mula-mula berkenaan info berkaitan jejak kebesaran RAA Kusumadiningrat dalam memimpin Ciamis. Ke-2 pola islamisasi yang dilaksanakan oleh dirinya, khususnya macam mana RAA Kusumadiningrat menanggapi keyakinan warga yg tidak sama pada dikala itu.

Peristiwa Situs Jambansari 

Objek Wisata Kangjeng Prebu Di Jambansari ini adalah kompleks makam Raden Adipati Aria Kusumadiningrat, Bupati Ciamis ke-16, yg memerintah dari th 1839 - 1886. Dirinya ialah salah satu bupati Ciamis paling populer & dianggap berjasa gede dalam membangun wilayah Ciamis, dulu tetap bernama Galuh.

Sesudah resmi menjabat juga sebagai bupati, RAA Kusumahdiningrat tidak tinggal di gedung Kabupaten. Dirinya tinggal di rumahnya yang berupa rumah panggung kokoh terbuat dari kayu jati berukir yang dinamakan Keraton Selagangga. Ruumahnya ini kini ternama dengan sebutan Jambansari. 


Raden Adipati Aria Kusumadiningrat
Raden Adipati Aria Kusumadiningrat 

Kangjeng Prebu dikenang sebagai bupati yang cakap. Konon dia pandai berbahasa Belanda & Perancis. Di bawah pemerintahannya, Ciamis muncul sebagai Kabupaten yang makmur. Ia membangun gedung-gedung di pusat kota diantaranya : Gedung Kabupaten yang megah (sekarang ini jadi gedung DPRD), Mesjid Agung, Gedung Asisten Residen yang kini jadi gedung Negeri, tangsi prajurit, penjara, kantor pos, kantor telegram, & gedung sositeit. 

Beliau sukses menghilangkan Tanam Paksa (Cultuur Stelsel) di Ciamis, membangun irigasi, mengakses pesawahan, mendirikan 3 pabrik penggilingan kopi, terhubung perkebunan kelapa, membangun jalan antara Kawali-Panjalu. Di bagian pendidikan, Kangjeng Prebu mendirikan Sekolah Sunda yang terletak di Ciamis & di Kawali. 

Atas jasa-jasanya dia dikasih gelar Kanjeng Prebu. Pada tahun 1874 dirinya mendapatkan tanda kehormatan dari pemerintahan Hindia Belanda berupa songsong kuning (payung kebesaran berwarna kuning mas). Tahun 1878 dia pula dianugerahi Ridder Orde van de Nederlandsche Leeuw dari Ratu Belanda. 

Pada 1886 ia meninggal dan dimakamkan di Gunung Sirnayasa, Jambansari ini. Gapura makamnya ditulis dgn aksara Sunda Kuno petuahnya berupa gugurutan yang isinya juga sebagai berikut : 


Jamban tinakdir yang agung 
Caina Tamba Panyakit 
Amal Jariah Kaula 
Bupati Galuh Ciamis 
Aria Kusumadiningrat 
Medal Mas Payung Kuning


Itulah sedikit ulasan informasi tentang KANGJENG PREBU DI JAMBANSARI, semoga bermanfaat. Silahkan baca juga artikel selanjutnya tentang OBJEK WISATA ICAKAN CIAMIS

Terima Kasih


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

0 Response to "OBJEK WISATA KANGJENG PREBU DI JAMBANSARI CIAMIS"

Poskan Komentar